Minggu, 15 April 2012


BALITA SEHAT CIHUY !!!


          Dalam rangka merayakan Dies Natalis Jurusan Kebidanan ke XI dan Memperingati Hari Kartini, HMJ Kebidanan mengadakan serangkaian kegiatan diantaranya adalah Lomba Balita Sehat. Kegiatan Lomba Balita Sehat ini merupakan salah satui wujud eksistensi HMJ Kebidanan Poltekkes Kementerian Kesehatan Yogyakarta dalam kegiatan penilaian, pemantaun, dan stimulasi  tumbuh kembang balita masyarakat sekitar.
Lomba Balita Sehat ini telah diselenggarakan pada Hari Minggu , 15 April 2012. Dimulai pada pukul 08.00 WIB bertempat di RB – BP Mangkuyudan, Jalan Mangkuyudan MJ III/304 Yogyakarta   55143. Para peserta harus memenuhi syarat lomba yaitu berumur 1-5tahun, membawa KMS dan foto berukuran 4R serta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 10.000,00. Beberapa fasilitas yang didapat oleh peserta yaitu snack, sertifikat, dan berbagai doorprice. Sedangkan untuk sang juara mendapatkan trophy dan bingkisan.
   
Beberapa kriteria yang dinilai dari peserta yaitu pengetahuan orang tua yang dinilai oleh Ibu Yuliantisari Retnaningsih, S.SiT selaku dosen Jurusan Kebidanan  Poltekkes Kemenkes Yogyakarta di ruang 1, pertumbuhan balita yang dinilai oleh Ibu Hesty Widyasih, M.Keb selaku dosen Jurusan Kebidanan  Poltekkes Kemenkes Yogyakarta di ruang 2 dan perkembangan balita yang dinilai oleh Ibu Wafi Nur Muslihatun, S.SiT selaku dosen Jurusan Kebidanan  Poltekkes Kemenkes Yogyakarta di ruang 3.
Peserta lomba balita sehat yang mendapatkan juara  I  yaitu Wishley Kresna Atmaja, juara II yaitu Dimas Kusuma Jati, dan juara III yaitu Farhan Abbas Sumarwan. Acara lomba balita sehat selesai tepat pukul 12.00 WIB.



PELAYANAN KESEHATAN dan DONOR DARAH

Kegiatan “Pelayanan Kesehatan Umum dan Ibu Hamil Gratis serta Donor Darah dalam Rangka Merayakan Dies Natalis Jurusan Kebidanan Ke XI dan Memperingati Hari Kartini” merupakan pelaksanaan program kerja Divisi Pengabdian Masyarakat Himpunan Mahasiswa Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Yogyakarta masa bakti 2012.
Kegiatan pelayanan kesehatan gratis ini diselenggarakan guna membina hubungan baik dengan masyarakat warga sekitar kampus dan sebagai bentuk pengabdian diri melalui kegiatan pelayanan kesehatan gratis, serta untuk membantu pasien / orang yang membutuhkan dan meningkatkan rasa solidaritas antar sesama melalui kegiatan donor darah.
Kegiatan pelayanan kesehatan dan donor darah telah doiselenggarakan pada hari Minggu, 15 April 2012 berbarengan dengan pelaksanaan lomba balita sehat bertempat di RB – BP Mangkuyudan, Jalan Mangkuyudan MJ III/304 Yogyakarta   55143. Acara dimulai pukul 08.00 – 12.00 WIB.
Dari 100 warga masyarakat di sekitar Mangkuyudan yang telah diberi tiket pada beberapa hari sebelumnya, peserta pelayanan kesehatan yang datang untuk periksa sejumlah 73 orang yang terdiri dari 63 orang periksa lab dan periksa dokter, 6 orang periksa dokter saja, dan 4 periksa ibu hamil. Untuk peserta yankes yang periksa dokter dan periksa hamil tidak dipungut biaya, tetapi untuk peserta yankes yang ingin periksa lab seperti cek gula darah dan asam urat peserta dipungut biaya sebesar Rp 10.000,00.
  
 
Sedangkan untuk peserta donor darah, dari 20 orang yang mendaftar untuk menjadi pendonor hanya ada 13 orang yang memenuhi syarat untuk bisa donor. Setelah proses donor darah tersebut selesai, ke 13 orang tersebut mendapatkan paket dari pihak PMI Gunungkidul berupa pocari sweat, biskuat, pop mie, dan multivitamin, serta mendapatkan segelas susu dan pin donor darah dari panitia.


   


1 komentar:

  1. maaf krn sie dekdoknya agak susah dihubungi lagi,,jd gambarnya belum bisa muncul,admin blm punya filenya..heehe :D

    BalasHapus