Kamis, 15 Maret 2012

Metamorfosa BEM Jurusan menjadi HIMA Jurusan


Berkaitan dengan rencana Alih Bina Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dari Kementerian Kesehatan RI ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI serta dalam rangka Pengembangan Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta Menjadi Insitut Kesehatan Negeri Yogyakarta (IKNY), dan berdasarkan Rapat pembentukan Senat Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta pada hari Kamis, 24 Nov 2011, pukul 15.30 - 17.00 WIB, bertempat di Ruang Kelas “Watsan” Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang dihadiri oleh perwakilan dari Ketua, Sekretaris, dan Bendahara dari BLM, BEM Direktorat, BEM Jurusan, dan BKM, maka telah disepakati perubahan nama BEM Jurusan menjadi Himpunan Mahasiswa/ HIMA Jurusan.
     Berkenaan dengan hal tersebut, telah diselenggarakan musyawarah besar (Mubes) BEM, BLM, dan HIMA Jurusan pada tanggal 22-23 Januari 2012 bertempat di Auditorium Tata Bumi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, yang menyepakati penyebutan HIMA Jurusan menjadi HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan), dan pembuatan lambang HMJ di jurusan masing-masing.
Untuk itu, kami selaku pengurus HMJ Kebidanan mengajukan lambang HMJ Kebidanan sebagai identitas dan lambang eksistensi kinerja HMJ Kebidanan.
LOGO HIMA Jurusan Kebidanan
     ARTI LAMBANG
1.       Perisai memiliki 3 sudut melambangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan lapisan merah yang bermakna semangat
2.       Warna putih pada perisai melambangkan kesucian
3.       Tulisan “HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN KEBIDANAN” berwarna hitam sebagai identitas/nama yang melambangkan ketegasan dalam bersikap.
4.       Perisai pada bagian dalam berlatarkan biru melambangkan intelektualitas.
5.       Lambang hati berwarna merah muda melambangkan pelayanan sebagai calon bidan yang manusiawi, penuh kasih sayang dalam semua tindakan/ intervensi pelayanan.
6.       Lambang perempuan dengan mengenakan baju putih dan kap putih melambangkan mahasiswa sebagai calon bidan.
7.       Lambang palang hijau melambangkan institusi kesehatan.
8.       Lambang  kepala pena serta buku/kitab melambangkan intelektualitas.
9.       Lambang lembaran buku berwarna putih, hijau, kuning, dan merah yang melambangkan keanggotaan yang terdiri dari D IV, D III tingkat 3 berwarna hijau, tingkat 2 berwarna kuning dam tingkat 1 berwarna merah.
10.    Roda dengan 5 gerigi melambangkan pergerakan dan kinerja yang berlandaskan pancasila.
11.    Sayap berwarna putih bermakna keanggotaan organisasi yang saling berkoordinasi/ bersatu seakan membentuk bentangan sayap yang kokoh/gagah serta seimbang sehingga mampu untuk terbang mencapai nilai-nilai luhur yang suci.
12.    Bagian paling bawah terdapat tulisan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta berwarna hitam yang bermakna loyalitas sebagai himpunan mahasiswa jurusan kepada almamater.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar