Selasa, 26 Maret 2013


LOMBA CERDAS CERMAT ANTAR INSTITUSI KEBIDANAN SE-DIY JATENG DALAM RANGKA MEMPERINGATI DIES NATALIS XII POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA JURUSAN KEBIDANAN DAN PERINGATAN HARI KARTINI TAHUN 2013

Pada hari Sabtu, 23 Maret 2013, bertempat di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Jl. Mangkuyudan MJ III/304, Yogyakarta, telah diselenggarakan Lomba Cerdas Cermat Kebidanan 2013 antar institusi kebidanan se- DIY Jateng. Lomba Cerdas Cermat Kebidanan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan tiap tahun. Kegiatan ini merupakan realisasi salah satu program kerja HMJ Kebidanan dalam rangkaian kegiatan untuk memperingati Dies Natalis XII Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

LCC Kebidanan merupakan salah satu ajang lomba untuk mengasah potensi diri di bidang ilmu kebidanan. Selain itu, kompetisi ini bertujuan untuk menjalin silaturrahmi antar institusi kebidanan se-DIY Jateng sehingga terbina kerjasama, persahabatan dan persaingan yang sehat.  
Sasaran dari LCC Kebidanan ini adalah mahasiswa D3 kebidanan di seluruh wilayah DIY dan Jawa Tengah. Lomba ini di ikuti peserta dalam bentuk tim, dimana 1 tim terdiri dari 3 orang peserta. Acara ini diawali dengan penyebaran poster LCC di hampir semua Institusi Kebidanan se-DIY dan Jawa Tengah pada akhir Februari 2013, hingga pada hari terakhir pendaftaran yaitu Sabtu, 16 Maret 2013 dan  tercatat ada 27 tim yang resmi menjadi peserta lomba.
LCC Kebidanan ini terdiri dari 3 babak, yaitu: babak penyisihan I (tes tertulis), babak penyisihan II (tes tertulis) dan babak final. Ujian babak penyisihan I dimulai pukul 08.00 WIB. Suasana menjadi hening dan tenang saat ujian babak penyisihan I berlangsung.

Koreksi ujian penyisihan babak I dan II dilakukan secara terbuka, disaksikan oleh satu orang perwakilan dari masing-masing tim. Untuk babak selanjutnya, yaitu babak final diambil 3 tim yang memperoleh nilai tertinggi. Setelah melalui babak penyisihan yang ketat akhirnya didapatkan 3 tim yang berhak melaju babak final yaitu: tim STIKES Guna Bangsa 1, tim Poltekkes Permata Indonesia 1 dan tim Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
Babak Final LCC dilaksanakan di Auditorium Jurusan Kebidanan pukul 13.00 WIB. Terdiri dari 3 sesi yaitu sesi 1 (soal wajib.), sesi 2 (soal lemparan), sesi 3 (soal rebutan). Bertindak selaku juri dalam babak final ini adalah 3 orang dosen Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, yaitu Ibu Tri Maryani, SST, M.Kes, Ibu Sumarah, S.SiT, MPH dan dr. Budiono, Sp.OG
Acara dimulai dengan perkenalan peserta dan dewan juri, penentuan meja tim A, B, dan C serta pemilihan paket soal wajib dan lemparan. Suasana tegang mulai terasa pada saat “Master of quiz” membacakan satu persatu soal babak final. Untuk mencairkan suasana, di sela-sela sesi soal wajib dan lemparan, “Master of quiz” memandu audience untuk memberikan aplause dukungan kepada para peserta.

Suasana menjadi semakin tegang saat memasuki soal rebutan. Semua tim sudah siap untuk memencet bell dan menjawab pertanyaan. Akhirnya audience kembali bertepuk tangan pada saat soal terakhir sesi rebutan selesai, yang menjadi tanda berakhirnya babak final tersebut. Suasana bertambah ramai saat “Master of quiz” mengumumkan skor akhir babak final. Tim A (STIKES Guna Bangsa 1) mendapatkan skor 1200, Tim B (Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 1) mendapatkan skor 2450 dan tim C (Poltekkes Permata Indonesia 1) mendapatkan skor 650.
Dengan demikian keluar sebagai Juara 1 Lomba Cerdas Cermat Kebidanan 2013 adalah tim dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 1 yang diwakili oleh Yulyana Mustikawati , Alfi Syifa Darmastuti dan Inka Kartika Ningsih . Juara 2 diraih oleh tim dari STIKES Guna Bangsa 1 yang diwakili oleh Eka Vicky Yulivantina, Mia Dwi Agustiani dan Yustina Mariyanti. Juara 3 diraih oleh tim dari POLTEKKES Permata Indonesia 1 yang diwakili oleh Nissan Marwadias, Eka Nurhayati dan Aprillia Daru Cahyati.
Seluruh finalis LCC akan mendapatkan sertifikat sebagai peserta lomba. Untuk para pemenang Juara I, II, dan III, hadiah bisa diambil pada saat Malam Puncak Dies Natalis Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, yang insyaAllah akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 20 April 2013 di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Secara keseluruhan acara LCC telah berlangsung lancar atas kerjasama yang baik antar panitia HMJ Kebidanan, Dewan Juri, Dosen pembimbing masing-masing peserta dan seluruh peserta lomba. Selamat kepada para pemenang Lomba Cerdas Cermat antar Institusi Kebidanan se- DIY dan Jawa Tengah tahun 2013.
Selamat serta terimakasih juga panitia ucapkan kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam Lomba Cerdas Cermat Kebidanan tahun 2013 ini. Semoga kita dapat saling dipertemukan dalam event-event lain dan kesempatan lain pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar