Sabtu, 31 Maret 2012

LOMBA SESORAH BAHASA JAWA


          Dalam rangka memperingati Dies Natalis Kebidanan XI dan Hari Kartini, HMJ Kebidanan juga mengadakan lomba pidato Bahasa Jawa atau Sesorah antarjurusan. Lomba ini dilatarbelakangi oleh semakin pudarnya budaya Jawa, dan bertujuan untuk meningkatkan kembali gairah untuk berbahasa jawa dengan baik pada mahasiswa kesehatan, di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
          Lomba yang dilaksanakan bersamaan dengan lomba-lomba lain pada tanggal 24 Maret 2012 di Auditorium Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta pukul 13.00 hingga pukul 14.30 ini sepertinya kurang mendapat apresiasi dari jurusan lain, dikarenakan jurusan yang mewakilkan pesertanya untuk mengikuti lomba tersebut hanya tiga jurusan, yakni Jurusan Gizi atas nama Delia Lintang, Jurusan Kesehatan Lingkungan atas nama, dan Jurusan Kebidanan atas nama Rinta Tri Runika.
          Ketiganya berpidato selama dua sesi. Sesi pertama pidato berbahasa jawa tentang kesehatan di jurusan masing-masing, dan sesi kedua pidato berbahasa jawa dengan topik undian, yakni Pengetan Dinten Kartini dan Pengetan Tanggap Warsa Kaping Sewelas Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
          Jurusan Gizi yang diwakili oleh Delia Lintang memperoleh urutan tampil pertama, tampil dengan menarik diselingi nembang jawa, dilanjutkan perwakilan Jurusan Kesehatan Lingkungan atas nama Kabul Budi Dwicahyo yang berpidato diselingi dengan pembacaan puisi bahasa jawa atau geguritan. Penampilan terakhir adalah dari Jurusan Kebidanan yang diwakili oleh Rinta Tri Runika yang menjelaskan dengan gamblang tentang peran bidan.
          Sesi kedua, Delia Lintang mendapat undian untuk berpidato tentang Pengetan Tanggap Warsa Kaping Sewelas Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, masih diselingi nembang jawa, sedang Kabul Budi Dwicahyo mendapat undian untuk berpidato tentang Pengetan Dinten Kartini, dan Rinta Tri Runika mendapat undian untuk berpidato tentang Pengetan Tanggap Warsa Kaping Sewelas Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
          Setelah ketiganya berpidato selama dua sesi, dan juri yang terdiri dari Bapak Suparyono dan Agus Suratmanto, S.Pd melakukan penjumlahan nilai, ditentukan juara 1 hingga 3 yang sesuai dengan urutan peserta tampil. Juara I diraih oleh Delia Lintang dari Jurusan Gizi, juara II diraih oleh Kabul Budi Dwicahyo, dan juara III diraih oleh Rinta Tri Runika dari Jurusan Kebidanan. Kami dari panitia mengucapkan selamat kepada pemenang, Mari Kita Lestarikan Budaya Jawa J !






Dokumentasi







Tidak ada komentar:

Posting Komentar